kamus

Selasa, 26 Juni 2012

Metode Illinois


Syarat metode illinois
Penentuan cadangan disesuaikan melalui metode Illinois terdapat persyaratan yang harus terpenuhi, yaitu nilai premi tahunan yang dibayarkan oleh tertanggung lebih besar dari nilai premi tahunan asuransi seumur hidup dengan jangka pembayaran premi 20 tahun pada usia yang sama.  Pada penentuan cadangan dengan mentode ini terdapat batasan frekuensi biaya yang digunakan dalam perhitungan cadangan yakni maksimal biaya 20 tahun.  

Kelemahan metode illinois
besar cadangan disesuaikan untuk akhir tahun ke-0, 1, 2 akan lebih kecil dari cadangan premi tahunan, hal ini dikarenakan pada perhitungan cadangan Illinois terdapat faktor pengurang yaitu biaya, sedangkan pada perhitungan cadangan premi bersih tahunan tidak memasukkan faktor biaya.
Besar cadangan Illinois untuk tahun ke-0 bernilai negatif, hal ini dikarenakan perusahaan asuransi belum menerima pembayaran premi tahunan dari sepasang tertanggung tetapi perusahaan asuransi tersebut harus mengeluarkanbiaya untuk membayar komisi kepada agen yang telah berhasil menjual produk asuransi. Yang artinya bahwa saat tahun ke 0 saat perusahaan belum merima premi tertanggung , tetapi perusahaan sudah mengeluarkan dana untuk membayar pekerja. Illinois memperhitungkan biaya oprasional awal

Keuntungan metode illinois
Penentuan besarnya cadangan disesuaikan dengan metode Illinois, akan menghasilkan besaran cadangan yang lebih kecil dibandingkan dengan besarnya cadangan premi tahunan. Cadangan premi tahunan merupakan kondisi ideal yang dimiliki perusahaan. Tetapi perusahaan asuransi harus mengeluarkan biaya untuk membayar komisi agen dan Biaya tersebut dibebankan oleh perusahaan asuransi kepada tertanggung. Sehingga besar biaya tersebut akan mengurangi besar cadangan yang dimiliki oleh perusahaan asuransi.


2 komentar:

  1. kalau boleh tahu apa kelebihan metode illinois dibandingkan dgn metode zillmer dan fackler

    BalasHapus
  2. kalau boleh tau kenapa batasan frekuensi biaya yang digunakan dalam perhitungan cadangan yakni maksimal biaya 20 tahun?

    BalasHapus