kamus

Jumat, 29 Juni 2012

oh my hair



Pagi ini, seperti biasanya gue ngabisin sarapan pagi bareng Ega. Dia selalu nemenin gue sarapan pagi. Pernah gue mogok makan karena dia lagi mudik ama seluruh anggota keluarganya ke Jogja. Atau waktu dia kelupaan main basket dan belum sempat ngajakin gue sarapan pagi. Huuuhh dia disana enak-enakan maen basket, dan gue kelaperan nungguin dia disini..? kalu elu-elu pengen tau, Ega adalah cowok cakep, imut, cool, jago main basket and music juga. Gue paling suka sama gayanya yang jutek bangeeet ama cewek-cewek kegatelan and kecentilan yang juga
termasuk salah satu musuh terbesar gue. Atau gaya rambutnya yang nutupin sebagian jidatnya, itulah pose-pose yang selalu gue tunggu-tunggu setiap gue ketemu sama dia. Mataku tak pernah berkedip disaat-saat paling membahagiakan sepanjang hidup gue. Uuppsss… bingung ya kenapa gue nyritain Ega trus? Ega itu cowok gue. Udah cukup lama juga gue pacaran ama dia. Awalnya memang karena gue sahabatan sama dia. Banyak temen-temen gue yang juga temen-temennya Ega nggak setuju kita pacaran. Mereka bilang pacaran bisa ngrusak persahabatan. Tapi kita cuek-cuek aja sama omongan mereka. Yah tepatnya gue emang sempet memikirkan hal itu. Gue bakal jatuh dua kali kalu cinta gue kandas. Pacar hilang, sahabat pun hilang. Tapi untungnya Ega selalu nenangin gue dan bilang kalu dia akan selalu ada buat gue. Yah apalah pedulinya gue, yang penting gue bahagia sama dia. Dan begitulah sebaliknya.
“Ga, gue ko nggak PD ya jalan sama lu?” tanyaku
“Kenapa sih? Biasa aja kali!”jawabnya santai
Huuhh, nyante banget nih cowok gue! Udah tau gue lagi minder gini, eh dia malah nyante-nyente aja sambil main game di HP nya?! Akhirnya gue putusin aja ambil tuh HP dari tangannya. Hahaha!
“Lu kenapa sih La? Lagi asyik tau main gamenya! Sinih balikin HP gue?” sambil merebut HPnya dari tanganku.
“Nggak mau!”
“Balikin!”
“Enggak!”
“Balikin!”
“Enggak!”
Akhirnya dia ngalah juga dan nggak bilang “Balikin” sambil ngrebut HPnya dari tangan gue. Inilah kenapa gue sayang banget sama cowok gue yang satu ini! Dia bisa ngertiin sikap kekanak-kanakan gue! Beda banget sama cowok-cowok gue yang sebelumnya. Satu-dua bulan doank mereka ngertiin gue, setelah itu, bubar deh…
“La! Ngapain lu bengong gitu? Gue minta HP gue dibalikin!” kata Ega kesal
“Gue lagi mikir!” jawabku ketus
“Mikir apa?!”
Anjrit! Jawaban ketus gue dibales lebih ketus lagi sama dia?! Haaah! Menyebalkan!
“Gue pengen ngubah model rambut gue! Gue bosen punya rambut lurus. Niatnya besok gue mau ngriting rambit gue” jelasku
Ega diam.
“Menurut lu gimana Ga?” tanyaku penasaran
Ega masih diem.
“Ga! Gue lagi ngomong sama lu! Bukan sama patung tau!”
“Tau!” jawabnya singkat
“Trus?”
Yak, gue tau sih, emang dari dulu dia paling nggak suka sama rambut kriting. Padahal menurut gue itu keren banget, tapi dia tetep aja keukeuh sama pendiriannya. Fabia kriting kali ya?
“Lu tau kan gue paling nggak suka sama rambut kriting?” jelasnya
          “Iya, gue tau kok! Tapi kan gue bosen Ga punya rambut yang gini-gini terus? Ganti model ke..! mumpung masih muda, Ga!”
          “Lu nggak ganti model rambut juga gue tetep sayang sama lu kok!”
          “Ga, gue ganti model rambut ya.. Please…”
          “Sekali enggak ya ngakkk!”
***
          Huuufftthh.. hari ini gue bener-bener BT! Apasih bedanya rambut gue yang kriting atau yang lurus? Toh sama-sama rambut gue kan? Pokoknya apapun yang terjadi, gue bakal ubah rambut gue. Hari besok sesuai rencana. Gue mau ngriting rambut gue dan kasih sureprise buat dia. Apapun reaksi dia ke gue, gue trima deh, asal jangan mutusin gue aja..! kalu dia mutusian gue..? aaghhh… mati aja dah gueee….!
          HP gue bunyi. Ega calling…
          “Hallu”
          “La, besok lu ada di rumah kan? Temenin gue latian basket ya?” ajak Ega
          Aduh mampus gue! Besok kan gue mau ke salun. Ngriting rambut gue? Eh pake acara nemenin Ega latian basket sih..???
          “Mmmm, kayaknya gue nggak bisa deh, Ga?”
          “Emang kenapa La? Biasanya lu nggak pernah absen nemenin gue latihan basket? Lu lagi sakit La?”
          “Nggak ko, besok gue mesti nemenin nyokap ke salun”
          Haah! Hebat juga acting gue! Maafin gue deh Ga.. lagian baru kali ini kan gue bohongin lu..?
          “Lu cuma nemenin nyokap kan? Lu nggak ikutan ngrubah rambut lu kan?”
          Aduh! Mati gue! Kenapa dia mesti ngomong gitu sih? Cowok gue yang satu ini punya jin kali ya? Nyesel deh tadi gue ngomong mau nganterin nyokap ke salun. Coba kalu tadi gue ngomong mau nganterin nyokap arisan ke.. atau nganterin nyokap belanja gitu. Pasti nggak gini jadinya!
          “La, lu masih disitu kan?”
          Rasanya gue pengen cepet-cepet matiin ini telepon dan ngubur dia hidup-hidup.
          “Hah? Iya,iya”
          “Iya udah deh La, pokoknya besok gue tungguin lu di tempat latihan ya! Jangan sampe telat ya!”
          Tut.. tut.. tut..
          Ega menutup teleponnya. Gue masih diam. Membisu. Aghh tapi gue buang jauh-jauh perasaan gue itu. Pokoknya besok gue mau ngriting rambut gue. Titik.
***
          `Gue ngabuisin waktu libur gue di salun.BT juga sih. Tapi tak apalah. Toh ini kemauan gue. Keputusan gue.
          “Waw! Keren juga rambut gue?” ujarku
          “Iya mbak! Cocok sama bentuk mukanya!” kata tukang salun langganan nyokap gue.
          Ya.. ya.. ya.. betul juga sih. Setelah gue selesai berbincang-bincang dengan tukang salun itu, gue langgung melincur ke tempat latihan basket cowok gue. Niatnya sih mau bikin sureprise buat dia. Tapi nggak akan jadi sureprise kalu dia bener-bener fabia ama kriting… hihihi….
          Gue mulai melambaikan tangan gue kearah Ega. Karna gue yakin 100% kalu itu Ega. Tapi dia diam. Masih diam. Setelah beberapa detik gue melambaikan rangan gue. Nggak mungkin dia nggak liat gue. Gue yakin itu!
          Akhirnya gue putusin ndeketin dia dan.. “Ega!” sapaku
          “Elu?” katanya bingung
          “Kenapa Ga? Kaget ya?”
          “Lu bilang cuma mau nganterin nyokap lu ke salun kan? Ko lu jadi ikut-ikutan gini sih? Lu tau kan gue benci rambut kriting?” cerocos Ega
          “Ya ampun Ga.. elu kenapa sih? Bukannya seneng cewek lu tambah keren dan cantik gini? Malah komplen nggak penting gitu?”
          “Heh! Sejak kapan lu nyepelein gue kaya gitu?”
          “Ya bukan gitu juga, Ga! Gue Cuma pengen ada perubahan aja, Ga. Mumpung masih muda. Lagian gue fun-fun aja sama rambut baru gue ini. Harusnya lu juga ikutan seneng donk, Ga!” jelasku
          “Gue nggak suka!” bantah Ega sambil meninggalkanku.
          Oh My God! Dia pergi ninggalin gue? Padahal kemaren dia nyuruh gue dateng kesini? Gimana sih tuh anak? Tapi biarin aja lah! Mungkin dia lagi emosi karena pas latihan dia dimarah-marahin terus sama pelatihnya. Atau dianggak bisa masukin bola ke ring-nya, dan akhirnya gue deh yang kena dampratnya? Paling ntar kalu uda agak reda juga dia bakal telepon gue. Yah se-enggaknya dia sms gue lah.. yak! Sekarang gue ke rumah Maya aja ah.. kasih tau rambut gue ini. Kira-kira gimana ya reaksinya?
***
          “May! Menurut lu gimana rambut baru gue?” Tanyaku ke Maya, sahabat kecil gue
          “Mmm.. cocok sih La! Tapi emangnya Ega suka ya sama rambut baru lu itu?” tanya Maya
          “Nggak tau?”
          “Lha, lu gimana sih La? Lu belum kasih tau Ega?”
          “Udah sih! Tadi gue langsung ke tempat latihannya Ega setelah selesai dari salun” jawabku polus
          “Trus?”
          “Sempet ada perdebatan sih. Dia emosi gitu kayaknya. Paling gara-gara kena omelan sama pelatihnya?”
          “Dasar bego! Lu uda berapa taon sih melihara kebegoan lu?  Dia emosi gara-gara lu ngubah gaya rambut lu, ngerti?!”
          “Aghh.. sotoy banget lu!”
          “Tadi si Gilang pulang cepet. Katanya pelatihnya nggak bisa datang. Ada urusan, katanya. So latihannya ditunda deh”
          “Oh ya? Berarti Ega emosi karena gue dong?”
          “Iya iya lah, Nyet! Udah sana minta maaf!”
          Setelah itu gue cepet-cepet ke rumah Ega. Nyokapnya bilang dia belum pulang. Aghh.. kemana dulu sih tuh anak? Akhirnya gue putusin nunggu Ega di rumahnya. Terserah deh gue mesti nungguin dia berapa lama? Mau sampe berakar juga gue jabanin deh.. yang penting Ega-ku kembali.. dan untunglah keberuntungan ada dipihak gue saat ini. Nyokapnya bawain gue cemilan dan nemenin gue ngobrol di ruang tamunya. Dia bilang rambut gue bagus lah, cocok sama bentuk muka gue lah, and bla.. bla.. bla.. tapi sayangnya kali ini nyokap sama anaknya berbeda drastis. Tapi  peduli apa lah gue sama omongannya. Yang penting gue sekarang makan. Karena gue bener-bener lapar sekarang.
          Hampir tiga jam gue nungguin Ega balik. Entah udah berapa km akar gue yang udah gue tanem hari ini? Gue nggak peduli! Yang gue mau cuma Ega-ku!
          “Ga! Kamu kemana aja sih? Lala udah nunggu kamu dari tadi luh!” kata nyokapnya
          Ega diam
          “Ya udah deh, Kalian baik-baik disini” kata nyokapnya sambil pergi ninggalin kita berdua
          “Ngapain lu kesini?” tanya Ega ketus
          “Gue mau minta maaf, Ga” kataku polus
          “Minta maaf? Buat apa? Lu pikir pake minta maaf bisa ngrubah kekecewaan gue ke elu?”
          “Trus gue harus gimana,Ga? Gue bener-bener nyesel? Atau besok gue lurusin aja ya rambut gue?”
          “Nggak usah! Buang-buang duit aja! Lu pikir cari duit itu gampang apa?!”
          “Trus gue harus gimana, Ga?”
          “Gue minta putus aja!”
          “Haah! Ya nggak bisa seenak itu juga donk! Cuma masalah sepele gini kamu minta putus? Kan bisa diomongin baik-baik, Ga. Nggak perlu pake minta putus segala!”
          “Oh, jadi kamu pikir ini masalah sepele? Sekarang elu bukan tipe cewe gue lagi! Jadi ngapain gue pertahanin hubungan sama elu?”
          “Jadi selama ini lu nggak tulus sayang sama gue?”
          “Gue tulus ko! Awal dari ketulusan gue itu karena elu cewek idaman gue! Karena elu punya rambut panjang, mirip Rena”
          Rena..? siapa itu Rena? Selama gue pacaran sama Ega, nggak pernah sedikit pun dia cerita tentang Rena. Apa mungkin ada sesuatu yang dia sembunyiin dari gue? Tapi apa?
          “Rena? Siapa dia?” tanyaku penasaran
          “Dia first luve gue!” jawabnya singkat
          “First luve lu? Ko elu nggak pernah cerita sama gue? Sekarang dia dimana? Bisa nggak lu nganterin gue ke rumahnya?”
          “Dia udah meninggal. Kena serangan jantung” jawab Ega dengan tampang sedih
          “Ga, sorry. Tapi elu ko nggak pernah cerita sama gue sih? Elu bilang elu akan selalu terbuka? Tapi kenapa masalah ini lu pendem sendiri?”
          “Gue nggak mau sedih karena mikirin dia! Dia ninggalin gue gitu aja! Tanpa kepastian sedikitpun buat gue! Udahlah! Gue cape! Gue mau istirahat! Mending lu pulang aja. Sorry gue nggak bisa nganterin lu balik” kata Ega sambil ninggalin gue.
***
          Setelah kejadian itu, gue jarang banget ketemu Ega di sekolah. Gue juga jarang main ke tempat dia latian basket, karena gue juga sibuk banget sama tugas-tugas  gue. Gue sendiri bingung sebenernya sekarang hubungan gue sama dia itu apa? Kalu gue sih ngrasa digantungin sama dia, tapi mungkin dia udah nganggep kita putus. Apa ini saatnya gue kehilangan dia? Gue beluum siappp!! Tiba-tiba HP gue berbunyi…
FROM : My Baby!

La, gue pengen ngomong sesuatu, elu bisa temuin gue nggak? Sore ini di tempat biasa. CU!
         
          Haah?! Ega ngajakin gue ketemuan? Kira-kira dia mau ngapain ya? Mungkinkah dia mau rujuk sama gue lagi? Atau dia ingin benar-benar pamitan untuk meninggalkanku? Harus seberapa siap kah hatiku untuk menerima kenyataan ini..? hikz!
          Tak lama setelah itu, gue ketemu sama Ega. Dia bener-bener keren bangeett…
          “La! Lu kenapa? Lu nggak lagi sakit kan?” tanya Ega
          “Hah? Enggak ko.. gue nggak papa..” kataku kaget
          “Lu katanya mau ngomong sesuatu? Mau ngomong apa, Ga?” lanjutku
          “Eh iya, La, Lu mau jadi pacar gue lagi nggak?” tanya Ega
          “Hah? Nggak salah lu? Gue lagi mimpi apa lagi nglindur ya?”
          “Nggak lucu tau!” kata Ega ketus
          “Lu serius, Ga? Kenapa gue harus jadi cewek lu lagi?” kataku penasaran
          “Karen gue masih sayang sama lu!”
          “Gimana gue tau kalu elu bener-bener sayang sama gue?  Toh dulu juga lu sayang sama gue karena gue mirip sama Rena kan?”
          “Itu masa lalu, La! Yang penting sekarang, gue tau kalu cinta nggak kenal penampilan. Selama ini gue tau gue salah, kenapa gue begitu jahat sama lu. Selama ini gue berusaha bikin lu semirip mungkin sama Rena, tapi ternyata gue salah besar. Gue minta maaf, La!” kata Ega
          “Gue nggak tau harus jawab apa? Gue emang masih sayang banget sama lu. Tapi gue kecewa banget waktu gue tau tentang perasaan lu yang sebenarnya.”
          “La, please… gue mohon.. maafin gue ya?” pinta Ega
          “Ok, gue maafin lu. Dan gue trima lagi lu jadi pacar gue, karena cinta harus sakit hati. Dan gue  telah merasakan kehilangan lu, tapi sekarang gue nggak mau lagi sakit hati karena lu.”
          “Thanks ya La! Gue nggak akan nyia-nyiain lu lagi!” kata Ega dengan semangat
          “Tapi lu harus janji buat nerima gue apa adanya! Ok?” kataku
          “Ok!” jawab Ega mantap
          Satu hal yang pengen gue kasih tau sama kalian semua tentang kisah gue ini, kalian boleh berusaha menyerupai mereka yang kalian suka. Tapi jangan kalian membawa mereka menyerupai apa yang kalian mau, karena itu artinya kalian hanya mencintai diri sendiri lewat perantara mereka yang kalian minta untuk jadi diri kalian sendiri. Dan mencintai itu bukan membuat kita merasa cemburu. Tapi mencintai membuat kita merasa sakit, dan kehilangannya untuk sementara waktu, untuk bisa mencintainya dilain hari dengan kesetiaan yang semakin besar.
-THE END-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar